Analisis Materi PAI I

Judul buku : Membina Akidah dan Akhlak (untuk Madrasah Ibtidaiyah kelas I)
Penyusun : Wiyadi
Penerbit : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Analisis Desain Buku
Buku berjudul Membina Akidah dan Akhlak ini disusun berdasarkan Standar Isi Madrasah Ibtidaiyah Tahun 2007 yang terdiri dari enam jilid. Setiap jilid buku ini digunakan untuk satu tinggkat kelas. Desain cover buku lumayan menarik, begitu juga dengan warna yang dipakai di dalam buku sangat menarik karena terdiri dari warna orange dan hitam. Namun ada yang kurang enak untuk dipandang, yaitu warna gambar-gambar yang berada didalam buku. Seharusnya warna gambar tersebut tidak menggunakan warna hitam dan putih, tapi warna yang cerah seperti orange atau merah. Buku ini memiliki ukuran 17,6 x 25 cm dengan 146 halaman.
Materi disajikan dengan bahasa yang sederhana, sesuai dengan tinggkat pemahaman siswa. Huruf yang digunakan dalam tulisan sesuai dengan siswa kelas satu Madrasah Ibtidaiyah.
Analisis Isi Buku
Buku berjudul Membina Akidah dan Akhlak ini disusun berdasarkan Standar Isi Madrasah Ibtidaiyah Tahun 2007. Disajikan dengan menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami serta disesuaikan dengan tingkat pembacanya. Setiap awal bab dalam buku ini terlebih dahulu disajikan tujuan pembelajaran dan peta konsep yang menjadi pedoman sekaligus mempermudah guru dan siswa dalam proses belajar-mengajar. Termasuk juga di dalamnya disediakan program pengajaran dari standar kompetensi dan kompetensi dasar. Gambar yang dicantumkan pada setiap materi sangatlah sesuai, sehingga siswa dengan mudah untuk memahami dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalilnya pun juga sesuai dengan materi pada setiap bab tersebut, supaya guru bisa dengan mudah dalam menyampaikannya. Sehingga siswa juga mudah dalam menyerap dan menerapkannya. Materi yang dicantumkan juga sesuai dengan kurikulum yang di gunakan buku tersebut. Font yang digunakan pada setiap huruf dalam buku tersebut adalah berukuran 16 dengan menggunakan font (Arial ).
Sebagai sebuah buku teks, isi dalam buku ini dipersiapkan dengan sebaik mungkin, hal ini dapat dilihat pada setiap sub bab yang berkenaan dengan membina Akidah dan Akhlak. Selain itu, pembahasan langsung berkenaan dengan konteks yang ada dalam standar isi yang terkandung pada setiap materi pembahasan, sehingga dengan mudah dapat diterapkan secara langsung oleh para siswa.
Kelebihan Isi Buku
1. Buku ini disusun berdasarkan Standar Isi Madrasah Ibtidaiyah tahun 2007
2. Pemaparan yang digunakan, yaitu menggunakan bahasa yang sederhana, sehingga mudah untuk dimengerti dan dipahami seorang siswa.
3. Untuk memberikan gambaran tentang materi, pada awal bab ditampilkan judul bab, dan tujuan pembelajaran.
4. Gambar sesuai dengan materi untuk memberikan suatu gambaran dan mempermudah siswa dalam praktek di kehidupan sehari-hari.
5. Terdapat latihan soal-soal pada setiap akhir semester.
6. Terdapat latihan soal-soal pada setiap akhir bab.
7. Terdapat tugas yang berhubungan dengan materi, baik itu tugas individu maupun tugas kelompok.
8. Adanya rangkuman pada setiap akhir bab, sehingga mempermudah siswa dalam memahami pembahasan materi pada bab tersebut.
9. Terdapat permainan (games), cerita bermakna (qissah mu’assirah) pada setiap akhir bab, sesuai dengan materi yang diajarkan kepada siswa.
10. Terdapat alokasi waktu,
Kekuarangan Isi Buku
1. Gambar berwarna hitam dan putih sehingga kurang menarik bagi anak-anak.
2. Peta konsep kurang menarik.
3. Tidak terdapat kolom motivasi.
4. Kualitas cetakan yang kurang bagus.
5. Tidak terdapat indikator pencapaian pada analisis program pengajaran.
6. Kurangnya portofolio pada setiap bab, yang terdapat portofolio hanya dua bab.
Analisis Materi
1. Pada analisis program pengajaran semester I bab V terdapat standar kompetensi “Menghindari akhlak tercela” dan standar kompetensi berisi “Membiasakan diri untuk menghindari hidup kotor dalam kehidupan sehari-hari”. Sedangkan dalam isi materi tidak terdapat materinya tersebut.
2. Pada semester II bab 7 dan 8 terdapat lembar portofolionya, sedangkan pada bab lainnya tidak terdapt lembar portofolionya.
3. Pada semester I bab 2 terdapat kosakata (kalimah sa’bah), sedangkan di bab yang lainnya juga tidak ada. (hlm. 23)
Rekomendasi
1. Sebaiknya pada program pengajaran dicantumkan indikator pencapaian, sehingga guru dan siswa dapat berusaha untuk mencapai indikator pencapaian tersebut.
2. Pada bab yang lain seharusnya terdapat lembar portofolio, tidak hanya di bab 7 dan 8. Supaya siswa terbiasa dalam mengerjakan lembar portofolio yang isinya sesuai dengan materi-materi yang disampaikan
3. Sebaiknya dalil-dalil ditambah dengan mufrodat perkata. Karena kalau ditampilkan dibawah dalil akan mempermudah siswa untuk hafal dan memahami makna perkata tersebut.

Silakan Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s